Selasa, 24 Juli 2012

Hal-hal yang Perlu Dilakukan oleh Dokter atau Bidan Setelah Bayi Lahir



Masa kehamilan sudah hampir selesai. Ini artinya sudah saatnya anda bersiap-siap untuk menuju masa persalinan yang bisa datang kapan saja tanpa diduga-duga. Saat persalinan adalah saat-saat yang paling ditunggu oleh semua wanita hamil. Hal ini karena saat masa persalinan sudah terlewati, sang wanita hamil yang saat itu sudah menjadi seorang ibu bukan hanya dapat bernapas lega karena pekerjaan beratnya dalam masa kehamilan sampai dengan masa persalinan sudah selesai, tapi juga karena ia sudah dapat melihat buah hatinya yang sudah selalu bersama di dalam tubuhnya selama kurang lebih 9 bulan ke belakang. Itulah sebabnya mengapa masa persalinan disebut-sebut sebagai masa yang paling dinanti oleh wanita hamil.

Namun di luar itu, tentu saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan detik-detik saat buah hati anda baru terlahir ke dunia ini. Hal yang perlu diperhatikan tersebut salah satunya adalah hal-hal yang perlu dilakukan oleh bidan atau dokter, diantaranya:

1. Mengeringkan tubuh, membersihkan hidung, dan membersihkan mulut sang bayi di atas perut sang ibu tanpa memandikannya.

2. Memotong dan merawat tali pusar.

3. Membungkus bayi agar hangat lalu menyerahkannya kepada sang ibu untuk disusui dengan metode kangguru.

4. Membantu sang ibu untuk mengeluarkan ari-ari. Biasanya ari-ari ini lahir 15 menit setelah kelahiran sang bayi.

5. Memeriksa dan memastikan agar ari-ari yang dikeluarkan utuh dan tidak ada yang tertinggal di dalam rahim, karena ari-ari yang tertinggal di dalam rahim dapat menimbulkan pendarahan pada saat nifas.

6. Mengoles kedua mata sang bayi dengan salep mata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar