Kamis, 19 Juli 2012

Kembar dalam perut ibu


sumber video : http://www.youtube.com/

Kembar identik yang juga disebut kembar Monozygotik,bayi kembar berasal dari satu telur. Memiliki gen yang sama, jenis kelamin yang sama, dan wajah yang serupa.

Proses terjadinya kembar secara biologi adalah saat pembuahan telur di buahi oleh sperma yang membantuk zygote, kemudian zigot ini akan membelah. Jika pembelahan terjadi ketika zigot pada awal pembuahan (1-3 hari setelah pembuahan), embrio biasanya akan memiliki kantong ketuban yang berbeda, dan satu plasenta.
Tapi ketika terjadi divisi selama 14 hari maka kemungkinan akan ada kembar bergabung / saling menempel pada bagian tubuh atau pembelahan tidak sempurna yang disebut kembar siam
Jadi kembar siam terjadi pada monozygot. Dengan pemeriksaan USG (utrasonografi) dokter akan dapat menilai keadaan janin, jenis kelamin,maupun cacat posisi yang cacat dll.
Twin Dizygotik
Kembar fraternal juga disebut kembar dizygotik, si kembar yang berasal dari dua telur. Mereka biasanya tidak terlalu mirip seprti saudara mereka
Tidak selalu memiliki jenis kelamin yang sama,dimana 50% dari kembar fraternal adalah anak laki-laki – anak perempuan,25% adalah anak laki-laki – dan laki-laki dan 25% lagi adalah anak perempuan – anak perempuan.Proses terjadinya kembar fraternal, yaitu karena pada saat pembuahan ada dua telur matang masing-masing di buahi oleh sperma yang berbeda.
Kembar Fraternal berasal dari dua telur dan sperma yang berbeda, masing-masing telah memiliki kantung ketuban dan plasenta sendiri-sendiri. Jadi kembar fraternal, adalah 2 proses pembuahan pada kehamilan tunggal.
Sekitar 2/3 bagian dari bayi kembar adalah kembar fraternal. Biasanya dokter akan dapat mengekspresikan kembar identik atau fraternal setelah proses kelahiran dengan tingkat plasenta yang dimilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar